Jumat, 04 Maret 2016

Peluang wifi corner rumahan


KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
WIFI CORNER RUMAHAN

DISUSUN OLEH :
NAMA : AKHMAD ZAM ZAM SANTOSO
NIM : 15.11.9392
KELAS : 15.S1TI.13
KELOMPOK : J 

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA (TI)
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
TAHUN 2016





ABSTRAK

Komunikasi tanpa kabel/nikrabel ( wireless ) telah menjadi kebutuhan dasar atau gaya hidup baru masyarakat informasi. LAN nikrabel yang lebih dikenal dengan jaringan Wi-Fi menjadi teknologi alternatif dan relatif lebih mudah untuk diimplementasikan dilingkungan kerja ( SOHO/ Small Office Home Office ), seperti diperkantoran, laboratorium komputer dan sebagainya. Instalasi perangkat jaringan Wi-Fi lebih fleksibel karena tidak membutuhkan penghubung kabel antar komputer. Tidak seperti halnya LAN / jaringan konvensional yang menggunakan jenis kabel koaksial dan kabel UTP sebagai media transfer. Komputer dengan Wi-Fi Device dapat saling berhubungan yang hanya membutuhkan ruang atau space dengan syarat jarak jangkauan dibatasi kekuatan pancaran sinar radio dari masing-masing komputer.

BISNIS WIFI CORNER RUMAHAN

Saat ini bisnis pun banyak macamnya salah satunya adalah bisnis HOTSPOT (Wi-Fi). Arti Hotspot itu sendiri adalah suatu fasilitas jaringan internet yang merujuk pada tempat-tempat tertentu (biasanya tempat umum) dengan menggunakan teknologi Wireless LAN, seperti pada perguruan tinggi, mall, plaza, perpustakaan, restoran ataupun bandara. Pada jaman sekarang ini perkembangan teknologi informatika semakin berkembang dengan pesat.

Untuk itu saya mencoba untuk membuat wacana tentang Bisnis HOTSPOT (Wi-Fi) yang mungkin prospek ke depannya baik dan berkembang. Dengan pertimbangan biaya internet yang sekarang makin bertambah murah, maka tempat tempat usaha seharusnya mempertimbangkan memasukkan suatu service baru untuk pelanggannya, dimana internet juga bukan merupakan barang langka saat ini. Agar dapat menghadirkan HotSpot di rumahan biaya investasi yang harus dikeluarkan sebenarnya tidak terlalu mahal. HotSpot kali ini adalah tidak berbeda dengan ISP, dimana sebelum pengguna/user memakai internet, mereka harus memasukkan username dan password terlebih dahulu. Hal ini juga bisa diberlakukan sebagai HotSpot Free atau HotSpot berbayar oleh pemilik hotspot.

A. Peralatan yang dibutuhkan adalah :
1. Sebuah Modem
Modem tergantung jenis layanan koneksi dari ISP yang bersangkutan. Bisa ADSL dengan Telkom Speedy, bisa modem DSL dengan layanan Fastnet, bisa Wireless dengan indihome fiber optic

2. Sebuah Wireless
Wireless Router ini bisa dari berbagai macam tipe dan merek, tetapi karena akan digunakan dengan sistem voucher/username dan password, maka yang direkomendasikan adalah WIreless router bertipe Linksys WRT54-GL dengan upgrade Firmware.

3. Koneksi Internet
Koneksi Internet saat ini di Indonesia khususnya sudah begitu banyak pilihan, baik melalui land line/kabel ataupun 3G dan CDMA. Bisa menggunakan land line dari Indihome dengan paket Unlimited FUP , ataupun perintis, atau 3G dari tiga operator besar di Indonesia, ataupun koneksi CDMA/Edvo.
Namun tentunya semua mempengaruhi jenis modem yang akan dibeli dan digunakan. Yang paling tinggi harganya adalah modem 3G , namun dengan keuntungan bisa dipindah lokasi hotspotnya dari satu tempat ke tempat lain, artinya mobile.

4. Routerboard Mikrotik
RouterBoard adalah router embedded produk dari mikrotik. Routerboard seperti sebuah pc mini yang terintegrasi karena dalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard menggunakan os RouterOS yang berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan bisa juga berfungsi sebagai hotspot server.
Ada beberapa seri routerboard yang juga bisa berfungsi sebagai wifi. sebagai wifi access point, bridge, wds ataupun sebagai wifi client. seperti seri RB411, RB433, RB600. dan sebagian besar ISP wireless menggunakan routerboard untuk menjalankan fungsi wirelessnya baik sebagai ap ataupun client. Dengan routerboard Anda bisa menjalankan fungsi sebuah router tanpa tergantung pada PC lagi. karena semua fungsi pada router sudah ada dalam routerboard. Jika dibandingkan dengan pc yang diinstal routerOS, routerboard ukurannya lebih kecil, lebih kompak dan hemat listrik karena hanya menggunakan adaptor. untuk digunakan di jaringan wifi bisa dipasang diatas tower dan menggunakan PoE sebagai sumber arusnya.
Mikrotik pada standar perangkat keras berbasiskan Personal Computer (PC) dikenal dengan kestabilan, kualitas kontrol dan fleksibilitas untuk berbagai jenis paket data dan penanganan proses rute atau lebih dikenal dengan istilah routing. Mikrotik yang dibuat sebagai router berbasiskan PC banyak bermanfaat untuk sebuah ISP yang ingin menjalankan beberapa aplikasi mulai dari hal yang paling ringan hingga tingkat lanjut. Contoh aplikasi yang dapat diterapkan dengan adanya Mikrotik selain routing adalah aplikasi kapasitas akses (bandwidth) manajemen,firewall, wireless access point (WiFi), backhaul link, sistem hotspot, Virtual Private Netword (VPN)server dan masih banyak lainnya.

5. Komputer/PC operator
Gadget HP android atau laptop yang berguna untuk menyetting mikrotiknya dengan memanggilnya melalui jaringan wifi.

6. Kabel Lan
Kabel LAN adalah sebagai alat untuk mentransfer data internet dari ISP ke client ISP. Biaya yang diperlukan pada awalnya sekitar 300rb sampai 3,5 jutaan , tergantung dari panjangnya kabel yang dibutuhkan. Agar agak sedikit awet sebaiknya menggunakan kabel LAN merk AMP yang setidaknya kabel ini telah banyak yang merekomendasikannya.


B. Rincian biaya yang diperkirakan :

1. ISP (Internet Service Provider) : Rp. 440.000,-/bln
2. Komputer/PC : Bisa pinjam hanya untuk menyeting
3. Modem ADSL : Biasanya Bundling ISP
4. Kabel Lan : Rp. 5.000,-/meter
5. Router WIFI : Rp. 280.000,-/unit
7. Routerboard mikrotik : Rp. 850.000,-/unit

C. Manfaat Membuka Usaha Bisnis Hotspot

1. Dapat mendorong masyarakat untuk membuka usaha ini.
2. Memberikan peranan yang sangat tinggi kepada masyarakat untuk membuka usaha ini.
3. Memberikan pelajaran yang sangat bermanfaat dalam bidang wirausahawan.
4. Memberi motivasi kepada masyarakat dalam bidang wirausaha ini.

Tidak ada komentar: